CategoriesLiputan, Seminar

Bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (HM-RMIK) Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Ringerlaktat.id men-support fasilitas CBT (Computer Based Test) online untuk Lomba Rekam Medis. Lomba ini diadakan pada Sabtu 9 Maret 2019 yang diikuti oleh sekitar 70 peserta. Lomba dilaksanakan di Lab Gedung D UDINUS dan menggunakan fitur CBT yang ada di RingerLaktat.id.

Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer merupakan sebuah tes yang menggunakan media sebagai alat bantu pelaksaanaan tes. Pada tes dengan sistem CBT, penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

Penggunaan sistem CBT pada ujian atau lomba juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan paper based test (PBT). Komputerisasi soal pada saat ujian mengurangi penggunaan kertas (paperless) karena peserta tidak lagi perlu menghitamkan bulatan pada lembar jawaban. Hal ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan nilai lebih baik karena tidak perlu khawatir jawaban tidak terbaca. Bagi pemeriksa, pencocokan kunci jawaban dilakukan oleh komputer sehigga menghemat waktu pemeriksaan, selain itu hasil tes bisa langsung dilihat oleh peserta maupun pengawas. Seperti yang telah dijelaskan diatas soal yang dikerjakan peserta bersifat acak, sehingga siswa soal yang dikerjakan oleh peserta berbeda.

Lomba rekam medis

Lomba rekam medis
Peserta dari HM-RMIK sedang mengerjakan soal dengan sistem CBT

Apabila berminat mengadakan event serupa atau bekerja sama menggunakan fitur ini di instansi anda, silahkan menghubungi kami via email ringerlaktat.id@gmail.com